Perancangan Sistem Manajemen Pembelajaran Menggunakan Metode Gamifikasi
Rabu 7 januari 2015, saya berkesempatan
mempresentasikan proposal penelitian tesis pada program magister teknik
informatika STMIK Amikom Yogyakarta. Judul penelitian saya adalah “Perancangan
sistem manajemen pembelajaran menggunakan metode gamifikasi”. Sedikit saya
mengulas inti dari presentasi dan bagaimana rencana penelitian yang akan saya
lakukan nanti.
Ide topik penelitian saya berawal dari sebuah mata kuliah
game design pada semester II, Dosen pengampu mata kuliah memperkenalkan konsep gamifikasi
dalam kelas (Classroom Gamificication - samuelhenry.net), secara pribadi saya berpendapat bahwa
konsep ini menarik, walaupun mekanik yang digunakan hanya sederhana yaitu based
on rewards dan leaderboards. Konsep ini memicu saya dan rekan-rekan dikelas
untuk saling berupaya mendapatkan banyak rewards, targetnya menduduki peringkat
teratas pada leaderboards. Namun yang menjadi masalah adalah sistem pengelolaan
yang masih bersifat manual membuat konsep ini tidak berjalan maksimal, seperti
rules yang digunakan sering berubah dan tidak melaksanakan rules yang sudah
disepakati, rewards yang terkadang berbeda sistem penilainya, lupa dalam
proses pencatatan poin dan sebagainya. Berdasarkan beberapa masalah tadi, saya
mendapatkan ide untuk menerapkan konsep gamifikasi tersebut pada sistem
manajemen pembelajaran. Setelah diskusi dengan beberapa dosen dan mencari
literatur tentang gamifikasi, saya merumuskan masalah yang akan diteliti adalah
apakah konsep gamifikasi dapat diterapkan pada sistem manajemen pembelajaran
dan apa mekanik game yang tepat digunakan untuk sistem manajemen pembelajaran?
Sistem manajemen pembelajaran mengacu pada istilah LMS
(Learning Management System) yang merupakan aplikasi untuk sistem e-learning,
dalam sistem manajemen secara umum terdapat siklus manajemen yang sering
digunakan yaitu PDCA (Plan, Do, Check, Act), dimana sistem hanya menyediakan fungsi Do dan check untuk mendukung proses perencanaan dan evaluasi yang dikembalikan kepada dosen mata pelajaran dan manajemen organisasi.
Tentang gamifikasi, istilah ini mungkin masih agak asing
dikalangan akademisi kita, namun bagi orang yang menekuni bidang game design
maupun game Development istilah ini mungkin sudah familiar, bahkan banyak yang
sudah menerapkan konsep ini untuk tujuan organisasinya masing-masing. Gamifikasi
secara umum adalah menerapkan mekanik permainan (game mechanics) dan berfikir
menggunakan logika permainan (game thinking) untuk suatu aktivitas diluar
permainan. Zichermann mendefinisikan gamifikasi sebagai suatu proses yang
menggunakan pemikiran dan mekanika permainan untuk mengikat user (user
engagement) dan menyelesaikan masalah.
Secara sederhana, logika berfikir menggunakan game adalah
begini, misalkan anda mempunyai tujuan ingin belajar dan menguasai bahasa Inggris,
kemudian anda membuat analogi berfikir bahwa anda mempunyai misi untuk mencapai
tujuan anda, misi tersebut dapat anda sebut apa saja sesuka anda, seperi misi
Vocab Hunter untuk memburu dan menemukan vocabulary baru setiap hari di
tempat-tempat yang kamu lalui, atau misi menjadi duta besar untuk melakukan
aktivitas lobi (meminjam, menyuruh, negosiasi) dengan orang lain menggunakan
bahasa Inggris, dan misi-misi apapun yang dapat membuat anda tertarik dan
merasakan bahwa kegiatan yang anda lakukan adalah bermain, walaupun sebenarnya
tujuan anda adalah ingin menguasai bahasa Inggris.
Saat anda sudah dapat menerapkan logika game-thinking,
saatnya anda menerapkan mekanik permainan. Anda dapat membuat sistem rewards/hadiah
kepada diri anda sendiri jika anda berhasil menyelesaikan misi yang anda buat
tadi, itu mekanik yang paling sederhana dalam sebuah game. Masih banyak mekanik
yang dapat digunakan, seperti progression, points, bagdes, dan sebagainya.
Kembali ke topik penelitian, target dari penelitian tesis saya adalah membuat sebuah prototipe sistem manajemen pembelajaran dengan menerapkan konsep gamifikasi. Konsep gamifikasi akan menyediakan metode pendekatan belajar yang dapat membangun engagement bagi siswa, targetnya adalah siswa menjadi termotivasi dalam belajar, enjoy dan fun dalam belajar. Sedangkan Sistem manajemen pembelajaran akan tetap menjalankan fungsi manajemen, yang terdiri dari proses pengelolaan, menyediakan resource untuk belajar, Monitoring, dan evaluasi untuk proses pembelajaran.
Gallery Photo Seminar :
Kembali ke topik penelitian, target dari penelitian tesis saya adalah membuat sebuah prototipe sistem manajemen pembelajaran dengan menerapkan konsep gamifikasi. Konsep gamifikasi akan menyediakan metode pendekatan belajar yang dapat membangun engagement bagi siswa, targetnya adalah siswa menjadi termotivasi dalam belajar, enjoy dan fun dalam belajar. Sedangkan Sistem manajemen pembelajaran akan tetap menjalankan fungsi manajemen, yang terdiri dari proses pengelolaan, menyediakan resource untuk belajar, Monitoring, dan evaluasi untuk proses pembelajaran.
Gallery Photo Seminar :
josss broooo.....
ReplyDelete