Membuat sumber sitasi dan penulisan daftar pustaka pada Microsoft World (Zotero Tutorial Part 3)

Sunday, January 25, 2015 0 Comments


Sebelumnya saya telah membahas tutorial instalasi dan cara memasukkan koleksi sumber referensi pada zotero, pada tutorial ketiga, kita akan membahas bagaimana mengambil sumber referensi dari koleksi zotero kita, dan menuliskan pada microsoft word secara langsung berikut dengan daftar pustaka. 

Saya sarankan untuk membaca Zotero Tutorial Part 1 & Zotero Tutorial Part 2 sebelum membaca tutorial kali ini.

Zotero akan memudahkan bagi penulis untuk menuliskan sumber referensi dari kutipan yang kita ambil tanpa harus menulis ulang nama penulis tersebut, ini akan memudahkan jika kita akan menggunakan sumber sama untuk beberapa kutipan dalam karya tulis yang sedang kita buat. Memasukkan sumber referensi secara manual selain membuat repot dalam penulisan, juga memungkinkan kita salah memasukkan sumber referensi.
Saat sumber referensi berada pada koleksi zotero, kita dapat menggunakannya untuk referensi karya tulis yang sedang kita buat. Setelah Word plugin connector sudah dininstal, dalam menu Ms. Word kita akan ada menu Add-Ins, pada menu inilah kita dapat memanggil referensi yang kita butuhkan.
  1. Letakkan kursor pada posisi yang akan disisipkan sitasi, selanjutnya klik menu Add-Ins dan klik icon insert untuk memasukkan referensi. Pilih style pustaka sesuai dengan format karya tulis anda, klik Ok.
     
  2. Ketik dan pilih judul referensi yang akan dimasukkan, tekan enter. Maka otomatis dalam paragraf tersebut akan ditambahkan sitasi yang anda masukkan tadi. 
      
     
  3. Untuk membuat daftar pustaka secara langsung, pilih icon Zotero insert bibliography, maka secara otomatis akan ada daftar pustaka yang sudah tersusun langsung sesuai dengan format yang dipilih diawal.
     
Demikianlah tutorial mengelola dan menggunakan zotero standalone, jika bermanfaat tutorial ini dapat digunakan dan disebar luaskan bagi yang membutuhkan. Terima kasih.

0 comments:

About This Blog

Test