Memasukkan Sumber Referensi Pada Zotero (Zotero Tutorial Part 2)

Sunday, January 25, 2015 2 Comments



Pada tutorial kali ini masih akan membahas mengenai mengelola daftar pustaka dengan Zotero, sebelum membaca tutorial ini, saya sarankan anda sudah membaca bagaimana instalasi Zotero standalone komputer anda. (Cara Instal Zotero Standalone)
Setelah zotero terinstal pada komputer anda, sekarang kita perlu memasukkan sumber referensi pada Zotero. Sumber referensi ini nanti dapat dijadikan sebagai rujukan saat kita membuat tulisan dengan software Ms. Word.
Sebelum memasukkan sumber referensi, saya menyarankan anda membuat folder koleksi. Langkah-langkahnya adalah :
  1. Buka aplikasi standalone pada komputer anda 
  2. Pada jendela sebelah kiri anda akan melihat daftar koleksi anda, jika baru pertama kali menggunakan zotero maka koleksi anda masih kosong 
  3. Klik kanan pada “Perpustakaanku” dan pilih koleksi baru. Atau dapat juga melalui menu Berkas (F) > Koleksi Baru.  

  4. Buat nama koleksi untuk koleksi anda. Dan klik OK. 
     

  5. Untuk membuat sub koleksi, klik kanan pada koleksi anda dan pilih Subkoleksi Baru... Beri nama sub koleksi anda dan klik OK. 
      

Untuk memasukkan/menambahkan sumber referensi pada zotero ada dua cara yang dapat dilakukan, secara manual dan secara otomatis mengcapture dari publikasi internet. 

Cara Manual :
  1. Klik dan pastikan anda berada pada folder koleksi yang ingin ditambahkan. Pilih jenis iten yang akan ditambahkan.  
  2. Pada jendela sebelah kanan, masukan informasi sumber referensi sesuai dengan form yang disediakan. Koleksi anda akan ditambahkan pada library zotero anda.
     

Cara Otomatis : 
  1. Salah satu keunggulan zotero adalah aplikasi ini dapat memasukkan sumber referensi secara otomatis saat kita browsing diinternet. Silahkan anda cari referensi yang akan ditambahkan. Sebagai contoh saya menggunakan layanan scholar.google.com untuk mencari jurnal gamification. Pastikan pada aplikasi zotero, anda berada pada folder koleksi yang anda akan gunakan, sebagai contoh baya akan memasukkan jurnal gamification pada koleksi jurnal saya. 
     
  2. Buka browser anda dan masuk ke alamat scholar.google.com, lalu ketikkan keyword gamification. Cari jurnal yang akan dimasukkan ke dalam koleksi, kemudian klik icon zotero seperti pada gambar dibawah ini.
     
  3. Download sumber referensi yang akan dipilih, tunggu sampai proses download selesai. Setelah selesai, anda akan melihat jurnal yang anda simpan lengkap dengan informasi referensi. 
      
     
  4. Cara menambahkan referensi selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor seri buku. Anda harus terkoneksi dengan internet untuk menggunakan cara ini.
     

Untuk tutorial selanjutnya adalah cara membuat dan mengambil sumber pustaka, membuat sumber sitasi dan penulisan daftar pustaka pada Microsoft World (Zotero Tutorial Part 3)

2 comments:

  1. Ini sambungan dari instalasi zoteri ya..tks u

    ReplyDelete
  2. terima kasih, dari laman ini saya dapat solusi masalah saya. sangat bermanfaat

    ReplyDelete

About This Blog

Test